Sejarah Internet

Sebelum menyebar luas internetworking (802,1) yang mengarah ke Internet , jaringan komunikasi sebagian besar dibatasi oleh sifatnya hanya memungkinkan komunikasi antara stasiun di jaringan lokal dan jaringan komputer metode yang umum didasarkan pada pusat komputer mainframe model. Beberapa program penelitian mulai mengeksplorasi dan mengartikulasikan prinsip-prinsip fisik jaringan antara jaringan yang terpisah, yang mengarah ke pengembangan paket switching model jaringan digital. Upaya-upaya penelitian termasuk orang-orang dari laboratorium Donald Davies ( NPL ), Paul Baran ( RAND Corporation), dan Leonard Kleinrock di MIT dan UCLA . Penelitian ini menyebabkan perkembangan beberapa paket-switched jaringan solusi di akhir 1960-an dan 1970-an, termasuk ARPANET dan X.25 protokol. Selain itu, akses publik dan sistem jaringan tumbuh di hobi popularitas, termasuk -untuk-unix unix copy (UUCP) dan FidoNet . Namun mereka masih terputus-putus jaringan yang terpisah, hanya dilayani oleh terbatas gerbang antara jaringan. Hal ini menyebabkan penerapan paket switching untuk mengembangkan protokol untuk internetworking, di mana beberapa jaringan yang berbeda dapat bergabung bersama dalam kerangka-super jaringan. Dengan mendefinisikan suatu sistem jaringan umum sederhana, Internet Protocol Suite , konsep jaringan dapat dipisahkan dari pelaksanaan fisiknya. Ini penyebaran internetworking mulai terbentuk dalam gagasan jaringan global yang disebut Internet , berdasarkan protokol standar resmi dilaksanakan pada tahun 1982. Adopsi dan interkoneksi terjadi dengan cepat di seluruh jaringan telekomunikasi canggih di dunia barat, dan kemudian mulai untuk penetrasi ke seluruh dunia karena menjadi standar de-facto internasional untuk jaringan global. Namun demikian, perbedaan pertumbuhan antara negara maju dan negara-negara dunia ketiga menyebabkan kesenjangan digital yang masih memprihatinkan hari ini.
Setelah komersialisasi dan pengenalan secara pribadi menjalankan penyedia layanan Internet di tahun 1980-an, dan Internet ekspansi untuk penggunaan populer di tahun 1990-an, Internet telah membawa dampak drastis pada budaya dan perdagangan. Ini termasuk meningkatnya komunikasi instan dekat melalui surat elektronik ( e-mail ), forum diskusi berbasis teks, dan World Wide Web . Investor spekulasi di pasar baru yang disediakan oleh inovasi ini juga akan mengarah pada inflasi dan diikuti oleh hancurnya Dot-com bubble . Namun, meskipun ini, internet terus berkembang, didorong oleh perdagangan, jumlah yang lebih besar dari informasi online dan pengetahuan dan jaringan sosial yang dikenal sebagai Web 2.0.






Tiga terminal dan ARPA
Pada 1950-an dan awal 1960-an, sebelum jaringan luas antar-yang mengarah ke Internet, jaringan komunikasi yang paling terbatas di bahwa mereka hanya diperbolehkan komunikasi antara stasiun pada jaringan. Beberapa jaringan telah gateway atau jembatan antara mereka, tetapi jembatan ini sering terbatas atau dibangun khusus untuk penggunaan tunggal. Salah satu metode yang umum jaringan komputer berdasarkan pusat mainframe metode, cukup memungkinkan untuk menjadi terminal terhubung melalui panjang sirkit sewa . Metode ini digunakan pada tahun 1950 oleh RAND Proyek untuk mendukung peneliti seperti Herbert Simon , di Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Pennsylvania , ketika berkolaborasi di seluruh benua dengan peneliti di Sullivan, Illinois , pada membuktikan teorema otomatis dan kecerdasan buatan .
Seorang perintis mendasar dalam panggilan untuk jaringan global, JCR Licklider , diartikulasikan ide-ide dalam kertas itu Januari 1960, Man-Komputer Simbiosis .
"Sebuah jaringan komputer [seperti], yang dihubungkan satu sama lain oleh [-band lebar jalur komunikasi yang disediakan] fungsi perpustakaan saat ini bersama dengan kemajuan diantisipasi dalam penyimpanan dan pengambilan informasi dan [fungsi lainnya simbiotik]."

Pada bulan Agustus, 1962, Licklider dan Welden Clark menerbitkan makalah "On-Line Man Computer Communication", salah satu deskripsi pertama jaringan masa depan.
Pada bulan Oktober, 1962, Licklider dipekerjakan oleh Jack Ruina sebagai Direktur baru didirikan IPTO dalam DARPA , dengan mandat untuk saling behubungan Amerika Serikat Departemen Pertahanan 's komputer utama di Gunung Cheyenne, Pentagon, dan SAC HQ. Di sana ia membentuk kelompok informal dalam DARPA untuk penelitian komputer lebih lanjut. Dia mulai dengan menulis memo menggambarkan jaringan didistribusikan ke staf IPTO, yang disebutnya "Anggota dan Afiliasi dari intergalaksi Jaringan Komputer". Sebagai bagian dari kantor informasi pengolahan peran, tiga terminal jaringan telah dipasang: satu untuk Sistem Development Corporation di Santa Monica , satu untuk Proyek Genie di University of California, Berkeley dan satu untuk Time-Sharing System Kompatibel proyek di Massachusetts Institute Teknologi (MIT). perlu Licklider's diidentifikasi untuk antar-jaringan akan dibuat jelas oleh limbah jelas sumber daya ini disebabkan.
"Untuk masing-masing tiga terminal, aku punya tiga set perintah pengguna yang berbeda Jadi jika saya sedang berbicara online dengan seseorang di SDC dan. Saya ingin berbicara dengan seseorang yang saya tahu di Berkeley atau MIT tentang ini, aku harus bangkit dari SDC terminal, ke sana dan login ke terminal lain dan berhubungan dengan mereka.
Aku berkata, jelas apa yang harus dilakukan (Tapi aku tidak ingin melakukannya): Jika Anda memiliki tiga terminal, harus ada terminal yang berjalan di manapun Anda ingin pergi ke mana Anda telah komputasi interaktif. That idea is the ARPAnet." Itulah ide ARPAnet itu. "

Meskipun ia meninggalkan IPTO pada 1964, lima tahun sebelum ARPANET pergi hidup, itu adalah visinya tentang jaringan universal yang memberikan dorongan bahwa dipimpin penerusnya seperti Lawrence Roberts dan Robert Taylor untuk pengembangan lebih lanjut ARPANET. Licklider kemudian kembali untuk memimpin IPTO pada tahun 1973 selama dua tahun.

Packet switching
Di ujung masalah internetworking meletakkan isu menghubungkan jaringan fisik yang terpisah untuk membentuk satu jaringan logis. Selama tahun 1960-an, Paul Baran ( RAND Corporation), menghasilkan penelitian jaringan surviveable bagi militer AS. Informasi yang dikirimkan melalui jaringan Baran itu akan dibagi ke dalam apa yang disebut 'pesan-blok. Mandiri, Donald Davies ( National Physical Laboratory, UK ), diusulkan dan dikembangkan jaringan yang sama berdasarkan apa yang ia sebut paket-switching, istilah yang pada akhirnya akan diadopsi. Leonard Kleinrock (MIT) mengembangkan teori matematika di balik teknologi ini. Paket-switching menyediakan utilisasi bandwidth yang lebih baik dan waktu respon dari teknologi circuit-switching tradisional yang digunakan untuk telepon, terutama pada link interkoneksi terbatas-sumber daya.
Packet switching adalah toko-dan-maju cepat desain jaringan yang membagi pesan hingga menjadi paket-paket sewenang-wenang, dengan routing keputusan yang dibuat per-paket. Awal jaringan digunakan pesan diaktifkan sistem yang diperlukan struktur routing kaku rentan terhadap titik tunggal kegagalan . Hal ini menyebabkan Tommy Krash dan Paul Baran di AS membiayai penelitian Militer untuk berfokus pada menggunakan pesan-blok untuk memasukkan redundansi jaringan, yang pada gilirannya menyebabkan legenda perkotaan luas bahwa Internet dirancang untuk menahan serangan nuklir.

ARPANET
Dipromosikan menjadi kepala kantor pengolahan informasi di DARPA , Robert Taylor dimaksudkan untuk mewujudkan ide-ide Licklider dari sistem jaringan interkoneksi. Membawa dalam Larry Roberts dari MIT, ia memulai sebuah proyek untuk membangun jaringan seperti itu. ARPANET link didirikan pertama antara University of California, Los Angeles dan Stanford Research Institute pada jam 22:30 pada tanggal 29 Oktober 1969. Dengan 5 Desember 1969,, sebuah node jaringan 4 dihubungkan dengan menambahkan University of Utah dan University of California, Santa Barbara . Bangunan pada ide-ide yang dikembangkan dalam ALOHAnet , ARPANET tumbuh pesat. jumlah host telah berkembang menjadi 213, dengan host baru yang ditambahkan kira-kira setiap dua puluh hari.
ARPANET menjadi inti teknis dari apa yang akan menjadi Internet, dan alat utama dalam mengembangkan teknologi yang digunakan. ARPANET pembangunan berpusat di sekitar Request for Comments (RFC) proses, masih digunakan sampai sekarang untuk mengusulkan dan mendistribusikan Internet Protokol dan Sistem. RFC 1 , berjudul "Host Perangkat Lunak", ditulis oleh Steve Crocker dari Universitas California, Los Angeles , dan diterbitkan pada tanggal 7 April 1969. Awal tahun ini didokumentasikan dalam film 1972 Jaringan Komputer: para bentara Sumber Daya Berbagi .
kolaborasi Internasional ARPANET jarang datang. Untuk berbagai alasan politik, pengembang Eropa khawatir dengan mengembangkan X.25 jaringan. pengecualian terkenal adalah Seismic Norwegia Array ( NORSAR ) pada tahun 1972, diikuti pada tahun 1973 oleh Swedia dengan link satelit ke Tanum Stasiun Bumi dan riset grup Kirstein Petrus di Inggris, awalnya di Institut Ilmu Komputer, Universitas London dan kemudian di University College London

date Kamis, 20 Mei 2010

0 komentar to “Sejarah Internet”

Leave a Reply: