SEJARAH DUNIA



Carl Friedrich Gauss Lahir
30 April tahun 1777, Carl Friedrich Gauss, seorang matematikawan besar asal Jerman, terlahir ke dunia. Perhatian utama Gauss adalah di bidang angka dan dia menulis buku modern pertama tentang teori angka. Pada tahun 1807, Gauss menjadi profesor dan direktur dari sebuah observatorium di Gottingen. Pada tahun 1821, ia ditunjuk untuk mengepalai survey trigonometri di Hanover dan ketika itulah ia berhasil menciptakan heliograph atau alat pengirim pesan dengan menggunakan cermin dan cahaya. Gauss juga berhasil menemukan teori induksi magnetik sehingga satuan untuk induksi magnetik itu diberi nama Gauss. Carl Gauss dianggap sebagai salah satu dari tiga matematikawan terbesar dunia, selain Archimedes dan Newton.
 Adolf Hitler Bunuh Diri 
30 April tahun 1945, setelah rencana dan impiannya untuk menguasai dunia mengalami kegagalan, akhirnya Adolf Hitler bunuh diri di sebuah lubang pertahanan bawah tanah di Berlin. Hitler dilahirkan tahun 1889 di Austria dan dan dalam Perang Dunia I, ia ikut bertempur membela Jerman. Seusai perang, Hitler mendirikan Partai Sosialis dan Nasionalis atau NAZI. Pada tahun 1923, Hitler dipenjara selama delapan bulan atas tuduhan perencanaan kudeta dan di dalam penjara itulah ia menulis bukunya yang terkenal berjudul Mein Kampf yang berisi pandangan-pandangan politiknya. Sepuluh tahun kemudian, Hitler terpilih sebagai Kanselir Jerman dan setahun kemudian, ia juga mengangkat diri sebagai presiden. Pada tahun 1939, Perang Dunia II pun meletus atas provokasi Hitler. Meskipun di awal-awal perang Hitler berhasil meraih kemenangan, namun secara bertahap pasukan Sekutu akhirnya berhasil mengalahkan Jerman.
 Berthold Brecht Meninggal
30 April tahun 1956, Berthold Brecht, seorang penyair dan penulis naskah drama Jerman, meninggal dunia. Dia dilahirkan pada tahun  1898 dan menuntut ilmu di bidang ilmu alam. Ketika Nazi berkuasa di Jerman, Brecht melakukan perlawanan pemikiran untuk menentang ideologi Nazi. Namun, karena diawasi oleh Gestapo, akhirnya Brecht melarikan diri ke AS. Di akhir PD II, Brecht kembali ke negaranya dan hidup di sana sampai akhir hayatnya. Brecht dikenal sebagai orang yang mereformasi aliran teater sehingga menjadikannya sebagai forum sosial dan ideologi bagi orang-orang kiri. 


 Abdul Muthalib Wafat 
10 Rabiul Awwal 45 tahun sebelum Hijrah, Abdul Muthalib, kakek Rasulullah SAWW , meninggal dunia di Mekah. Beliau adalah pembesar kaum Qurays pada masa sebelum lahirnya Islam. Abdul Muthalib adalah pengurus Ka’bah dan pemberi air serta makanan kepada para peziarah Ka’bah. Pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang amat dihormati dan karena itulah keluarga Abdul Muthalib memiliki posisi yang tinggi tengah masyarakatnya. Anak Abdul Muthalib di antaranya adalah Abdullah, ayah Rasulullah SAWW dan Abu Thalib, paman Rasulullah.

 Rasulullah SAWW Menikah dengan Khadijah 
10 Rabiul Awwal 28 tahun sebelum Hijrah, Muhammad SAWW menikah dengan Khadijah binti Khuwailid, seorang bangsawan kaya di kota Mekah. Khadijah dikenal sebagai perempuan yang suci dan beriman sehingga dijuluki dengan nama Thahirah atau suci. Setelah Muhammad SAWW diangkat Allah sebagai Rasul-Nya, Khadijah-lah perempuan pertama yang beriman kepada Islam. Setelah itu, seluruh beliau menyumbangkan seluruh hartanya demi penyebaran Islam. Kesetiaan dan pengabdian Khadijah kepada Rasulullah sedemikian besarnya sehingga bertahun-tahun setelah Khadijah meninggal, Rasulullah masih terus mengenangnya dan menyebut-nyebut kebaikannya.

date Selasa, 25 Mei 2010

0 komentar to “Sejarah Dunia”

Leave a Reply: