Temukan Diri Sendiri

Meniru orang lain itu boleh-boleh saja. Asalkan kita tahu batasannya dan pintar memilah-milah mana yang cocok serta patut kita tiru. Nah, untuk bisa memilih perilaku mana yang bisa kita tiru dan mengadaptasikannya. Kita harus punya pondasi yang kuat nih. Pondasi yang kuat itu adalah kita sudah menemukan karakter diri kita sendiri sehingga kita tahu keinginan dan tujuan kita menemukan karakter diri kita sendiri itu enggak susah kok, cukup dengan …

1.Menerima diri sendiri apa adanya.
Semua orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Jadi kita belajar menerima kekurangan kita dan jangan malu-malu untuk memperlihatkan kelebihan kita. Mungkin sobat kita memang hebat, tapi kita juga punya sesuatu yang bisa kita banggakan kok. Syukuri semau anugrah yang tuhan berikan kepada kit, sehingga keinginan untuk menjadi orang lain tidak ada lagi.

2.Fokus pada keinginan diri sendiri.
Tanya pada diri sendiri tentang apa yang kita inginkan dan harapkan. Jangan mengikuti keinginan orang lain. Memang lingkungan kita punya standar sendiri dalam menilai seseorang. Tapi jangan terlalu terbebani oleh standar itu. Tentukan saja standar yang tepat untuk diri kita sendiri.

3.Bersikap jujur dan terbuka.
Agar orang lain mengenal kita, berarti kita harus bisa menunjukkannya diri kita yang sesungguhnya. Nggak usah bersikap yang berlebihan atau dibuat-buat. Apalagi berubah menjadi pribadi yang lain. Dengan bisa jujur dan terbuka di depan orang lain, kita akan merasa bebas dan akan disukai dengan apa adanya.

4.Berani mencoba hal baru.
Carilah pengalaman sebanyak-banyak dengan mencoba mempelajari hal-hal baru. Bagaiman bisa tahu bakat dan kemampuan kita kalau setiap hari kerjaannya mengurung diri dikamar atau berteman dengan orang yang sama? Memperluas pergaulan dengan mengikuti kegiatan yang berbeda akan membatu kita lebih mengenal diri sendiri dan orang lain. Jadi kita sadar bahwa masih banyak orang lain yang bisa dikagumi dan dicontoh.

5.Percaya pada diri sendiri.
Ini point yang paling penting. Kalau kita cukup percaya diri akan kemampuan kita, tentunya kita gak akan tergantung sama orang lain. Ayo, belajar mandiri dan yakin saja bahwa kita bisa kok bertahan meskipun tanpa sobat disamping kita. Perlihatkan pada semua orang bahwa kita punya keunikan sendiri.

date Senin, 26 April 2010

0 komentar to “Temukan Diri Sendiri”

Leave a Reply: