Eh tahu nggak
Asalnya dari
Gunung Olympus

Kebudayaan Yunani merupakan salah satu kebudayaan tertua di dunia. Makanya, jangan heran kalau ada banyak kata-kata di dunia ini yang ternyata berasal dari kebudayaan Yunani kuno.

Narsis
“Narsis babget sii lo?” begitu kita meledek orang yang suka mengagumi dirinya sendiri. Nah kata narsis ini berasal dari nama Narcissus, seorang pemuda yang tampan luar biasa. Suatu hari saat ingin minum air disungai, Narcissus melihat pantulan wajahnya sendiri di air, dan ia jatuh cinta pada bayangannya. Karena takut merusak wajahnya yang dia lihat di air, Narcissus akhirmya nggak berani meminumnya, dan kemudia dia mati kehausann. Tuhh ,makanya jangan pada narsis dong hhehee..

Hipnotis
Para psikolog biasanya menggunakan metode hipnotis untuk membawa pasiennya ke alam bawah sadar. Kata hipnotis ini berasal dari nama Hypnos, yaitu sang dewa tidur dalam mitologi Yunani. Yupz, dialah yang membuat orang-orang jatuh tertidur.

Morfin
Hynos mempunyai anak buah kepercayaan yang bernama Morpheus, yang bertugas memberi mimpi dalam tidur orang-orang. Nama Morpheus ini akhirnya dipakai untuk kata morfin, yaitu suatu zat yang bisa menimbulkan halusinasi atau mimpi kepada pemakainya.

date Rabu, 21 April 2010

0 komentar to “Eh tahu nggak Asalnya dari Gunung Olympus”

Leave a Reply: